Warga Rawas Ilir Demo PT Lonsum

MUSIRAWAS,Kabarkite.com – Sekitar 300 massa yang berasal dari Desa Beringin makmur I dan Mandiangin Kecamatan Rawas ilir, Kamis (18/10) menggelar aksi unjuk rasa dengan cara memblokir jalan menuju PT London Sumatera(Lonsum) Muara rupit Lokasi di Simpang Empat Riset. Warga menggelar aksi pemblokiran jalan dengan tujuan agar PT Lonsum mengeluarkan kebun plasma untuk masyarakat.

Salah seorang warga Beringin makmur I, Fahmi yang juga merupakan Kordinator Lapangan (Korlap) aksi unjukrasa tersebut kepada Wartawan mengatakan, sesuai peraturan Menteri Pertanian, pihak perusahaan diwajibkan memberikan kebun plasma kepada masyarakat yang wilayahnya dijadikan lokasi perkebunan minimal 20 persen dari total luas lahan.

“Sejak mulai beroperasi tahun 1995 – 2012, total lahan perkebunan PT Lonsum diwilayah Desa Beringin makmur I ini sudah mencapai 8500-an hektar,” Ujarnya.

Menurutnya,Sebagai masyarakat, pihaknya meminta agar PT Lonsum mengeluarkan kebun plasma untuk masyarakat. “kami menuntut agar PT Lonsum mengeluarkan kebun plasma untuk warga,sesuai dengan peraturan Menteri Pertanian tersebut” katanya. (RuTan)

Number of View :690