PPRI : Ridwan Mukti (RM), DPRD Pembohong

Kabarkite.com-Musirawas (5/12), ORGANISASI rakyat, PPRI Pemuda Peduli Rawas Ilir  menilai Bupati Kabupaten Musirawas H. Ridwan Mukti (RM), Sumaterselatan dan pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  telah melakukan pembohongan kepada masyarakat Kecamatan Rawas Ilir, untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat tentang fasilitas publik dan kesejahteraan rakyat Musirawas.

Hal itu di bermula saat aksi panjang warga kecamatan Rawas Ilir yang memblokir jembatan penghubung Desa Beringin Makmur 1 dan Beringin Makmur II yang mereka lakukan pada tanggal 14 Januari sampai dengan 26 Januari 2012.  Merespon aksi masyarakat yang sudah resah dengan minimnya pembangunan didaerah itu Bupati menbuat perjanjian kepada masyarakat setempat agar membubarkan aksi itu. Ridwan Mukti (RM) yang akan mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumateraselatan yang saat ini menjabat sebagai Bupati Musirawas membuat kesepakatan dengan masyarakat Rawas Ilir untuk meningkatkan jalan Riam dan Bingin Teluk hingga ke ibu kota kecamatan Rawas Ilir kabupaten tersebut. Sayangnya hingga saat ini tak ada sama sekali aktivitas dilapangan untuk memenuhi perjanjian tersebut.

“Padahal berdasarkan Surat Bupati No.180/014/II/2012 dan Surat Ketua DPRD No.170/109/DPRD/2012 dengan subtansi isi komitmen mereka untuk melakukan pengangaran jalan simpang riam hingga desa Bingin Teluk, namun semua itu hanya merupakan bahasa kepalsuan,” Ujar Abdul Aziz Ketua PPRI Kepada wartawan kemarin.

Menurutnya,bagaimana tidak,Surat Bupati dan Surat Ketua DPRD yang di buat dengan subtansi isi komitmen mereka untuk melakukan pengangaran jalan simpang riam – Bingin Teluk hanyalah pepesan kosong. Terbukti saat ini cuma di anggarkan sepanjang 1,6KM, dari komitmen mereka awal bahwa akan melakukan pembangunan jalan Rijid Beton sepanjang 7KM. Yang akan di kerjakan oleh pihak  PT. Bangun Cipta Kontraktor (BCK) pada tahun ini juga. ” Selain jauh dari harapan masyarakat,anehnya pekrjaan itu dilakukan baru bulan desember, padahal anggaran tahun 2012 untuk pekerjaan fisik seharusnya selesai pada 15 Desember dan secara Adminitrasi 20 desember, jelas belum tentu juga pekerjaan tersebut selesai dalam waktu yang mepet,”Ucapnya ragu.

Dengannya kondisi itu dia berserta masyarakat menyampaikan rasa duka yang mendalam atas surat kepalsuan Bupati dan Ketua DPRD Musi Rawas, yang sangat jelas membohongi masyarakat. Ketika mereka melakukan kebohongan kepada rakyat jangan persalahkan jika rakyat melalukan perlawanan. “Sebab surat tersebut tidak ubah sebuah penghinaan bagi masyarakat kecamatan rawas ilir yang ingin menikmati pembangunan, karena realisasi dan faktanya tidak sesuai kehendak masyarakat,” Cetusnya.

Padahal sebelumnya PPRI, perna bertemu dengan Sekda, dan Ketua DPRD menjelang paripurna APBD Perubahan 2012  dengan tegas baik Sekda maupun Ketua DPRD menyatakan komitmen untuk mengangarkan jalan simpang riam-Bingin teluk tersebut. Dan kami di janjikan ketua DPRD untuk hadir dalam paripruna tersebut. “Namun faktanya ketua DPRD ternyata Berbohong, karena kami tidak diajak untuk menghadiri paripurna yang mereka janjikan,”paparnya.

Dirinya sebagai masyarakat sangat kecewa dengan sikap Ketua DPRD dan Bupati yang tidak komitmen dan tidak Konsisten atas hal yang mereka ucapokan sendiri dalam surat keputusan yang mereka buat. “Mereka menghianati, apa yang menjadi perjuangan masyarakat  untuk pembangunan jalan riam Menuju Ibu kota kecamatan,”Tegasnya.

Sementara itu Husni Mubarak Ketua Serikan Petani Nasional selaku masyarakat Rawas Ilir Mikapi hal itu menyatakan,Bahwa dinya mepertanyakan tentang keabsahan serta kewibawaan surat yang di buat oleh dua petinggi di pemerintah kabupaten Musirawas itu.”kita pertanyakan mengenai keabsahan dan kewibawaan surat tersebut,kami beranggapan bahwa keputusan itu adalah yang tertinggi tetapi faktanya realisasi yang diharapkan masyarakat sesuai harapan, kalau permintaan kami tidak di kabulkan maka bukan tidak mungkin masyarakat melakukan aksi yang lebih besar lagi,” Pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Musirawas H. Sri Hernalini Utama saat di hubungi melalui Via Ponsel, menyatakan bahwa dirinya sedang rapat dan langsung mematikan ponselnya. ” Sebentar ya lagi rapat,”Ujarnya singkat.

Namun selang beberapa menit kemudia ketua DPRD langsung memberikan tanggapannya dengan mengunakan pesan singkat (SMS) yang menyebutkan,Bahwa pada tahun 2013 pihaknya sudah menganggarkan 40,2 Milyar untuk menangani dan menyelesaikan peningkatan jalan dan menangani kondisi jalan dari desa Biaro,mandi angin, simpang liam Hingga kedesa bingin teluk sampai dengan simpang polsek rawas ilir. “Saya menjamin seluruh ruas jalan di daerah kecamatan rawas ilir akan tuntas dan  baik seperti harapan masyarakat pada tahun 2013 mendatang,” Janjinya. (Rutan)

Number of View :2016

Tags: , , , , , , , , , ,